Apakah kamu tau istilah typography? sering denger kata typo? walaupun kalimatnya mirip, bukan berarti typo dan typography itu sama ya. Typo adalah kesalahan penulisan, biasanya terjadi ketika kita mengirim pesan kepada orang lain, sedangkan Typography atau dalam bahasa indonesia-nya Tipografi adalah salah satu teknik dalam desain untuk memilih dan menata huruf pada ruang yang tersedia, agar bisa mengkomunikasikan pesan tertentu dan memberikan kenyamanan semaksimal mungkin kepada pembaca.

Kali ini saya akan membahas beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam typography, karena dari contoh kesalahan tersebut kita dapat mempelajari bagaimana mendesain tipografi yang baik.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Menggunakan huruf kapital semua


Illustration from Freepik

Salah satu perhatian utama dari membuat desain adalah menyampaikan pesan melalui desain tersebut ke benak audiens, yang secara informatif harus seimbang dan mudah dipahami. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan untuk membuat desain termasuk grid, aturan spasi, kolom, dan white space, untuk mewujudkannya.

Tapi dalam tulisan kali ini kita akan membahas apa itu Golden Ratio? dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu Golden Ratio?

Golden Ratio terjadi ketika sebuah garis dibagi menjadi dua bagian dan bagian yang lebih panjang (a) dibagi dengan bagian yang lebih kecil (b) sama dengan jumlah dari (a) + (b) dibagi dengan (a), yang hasilnya sama dengan 1.618.


Desain User Interface (UI) yang clean itu menghilangkan segala distraksi agar user atau audiens bisa fokus pada konten, maksud utama, dan action yang paling penting. Desain yang clean biasanya rapih atau tidak berantakan, simple/sederhana, dan banyak menerapkan white space (ruang kosong).

Untuk membuat tampilan desain yang clean, ada aspek-aspek yang bisa kamu terapkan. Pada kali ini saya akan share beberapa tips atau cara yang menurut saya bisa kamu terapkan agar tampilan desain yang kamu buat terlihat lebih clean atau bersih. Yuk mari kita simak!

Gunakan font yang simple


Secara tidak sadar pasti kita sudah sering melihat suatu visualisasi data, entah itu dalam bentuk grafik, diagram, ataupun teks. Biasanya kita sering melihat visualisasi data pada sebuah poster infografis atau dashboard.

Namun, tahukah kamu bahwa ada aspek yang cukup penting dalam membuat suatu visualisasi data? aspek tersebut adalah Preattentive Attributes.

Apa fungsi dari Preattentive Attributes?

Preattentive Attributes berfungsi untuk mengarahkan perhatian audiens menuju titik fokus informasi yang ingin disampaikan. Jadi, jika kita menerapkan Preattentive Attributes pada visualisasi data yang kita buat, maka audiens dapat dengan mudah mencari dan menemukan informasi yang ingin mereka cari.

Untuk lebih memahami tentang Preattentive Attributes, saya akan mendemonstrasikan betapa pentingnya…


Color Scheme Illustration

Untuk menghasilkan desain yang menarik dan berkualitas, diperlukan pemilihan warna yang baik. Salah satu metode yang sering digunakan yaitu dengan membuat skema warna. Pada story kali ini kita akan mempelajari panduan dalam memilih warna yang baik untuk desain menggunakan skema warna.

Skema warna biasanya dibuat berdasarkan color wheel. Bagi kamu yang sering membuat desain, pasti sudah tidak asing lagi dengan color wheel ini. Sederhana nya, color wheel ini adalah roda/lingkaran yang menunjukan hubungan antar warna. Pada aplikasi desain grafis, kita biasa menggunakan color wheel ini sebagai alat untuk memilih warna.


Dalam hal desain-mendesain, kita mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah White Space. Kehadirannya memang sangat dibutuhkan dalam desain. Namun bagi kamu yang baru tahu istilah ini, pasti akan bertanya-tanya.

Apa itu White Space?

White Space atau yang terkadang disebut Negative Space adalah ruang kosong diantara objek-objek dalam desain yang meliputi ruang disekitar grafik/gambar, margin, ruang antara kolom dan bahkan antara jenis baris.

Walaupun namanya White Space, bukan berarti ruang kosong nya harus selalu berwarna putih, melainkan semua warna pun bisa dipakai.

Kenapa diperlukan White Space?

White Space berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada penglihatan audiens agar tidak terlalu lelah dan pusing melihat desain yang terlalu padat. …


Ilustrasi dari hierarki visual

Hierarki Visual merupakan aspek yang sebenarnya cukup sederhana, namun berdampak besar dalam pembuatan desain.

Sebelum kita lanjut, apa itu Hierarki Visual?

Menurut KBBI, hierarki itu sendiri adalah urutan tingkatan atau jenjang jabatan; atau organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang paling penting.

Begitupun dalam hal desain, hierarki visual dapat memandu audiens menuju item/objek yang dianggap paling penting atau menjadi titik fokus sehingga memudahkan audiens/pembaca untuk memahami informasi yang disajikan.

Untuk lebih memahami tentang hierarki visual, yuk kita lihat contoh berikut.

No Hierarchy


Desain grafis mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita, tapi apakah kalian tahu apa itu desain grafis? ada banyak pengertian tentang apa itu desain grafis, tapi secara simplenya desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi melalui tulisan, bentuk, atau gambar.

Kalau desainer grafis? orang yang suka bikin-bikin ilustrasi? Ya mungkin pengertian simpel nya seperti itu dan yang sudah pasti ada di benak orang banyak pun pasti seperti itu. Saat ini, siapapun dapat menjadi desainer grafis asalkan punya keinginan dan niat untuk belajar tentunya, software untuk membuat desain grafis pun sudah banyak macamnya, dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk kualitas…

Wildan Hidayatullah

Building thing — wildanhidayatullah.me

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store