Golden Ratio

Sebuah rasio matematis yang diterapkan pada desain grafis

Illustration from Freepik

Salah satu perhatian utama dari membuat desain adalah menyampaikan pesan melalui desain tersebut ke benak audiens, yang secara informatif harus seimbang dan mudah dipahami. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan untuk membuat desain termasuk grid, aturan spasi, kolom, dan white space, untuk mewujudkannya.

Tapi dalam tulisan kali ini kita akan membahas apa itu Golden Ratio? dan bagaimana cara menggunakannya?

Golden Ratio terjadi ketika sebuah garis dibagi menjadi dua bagian dan bagian yang lebih panjang (a) dibagi dengan bagian yang lebih kecil (b) sama dengan jumlah dari (a) + (b) dibagi dengan (a), yang hasilnya sama dengan 1.618.

Image from Canva

Jika kamu ingin menerapkan rumus Golden Ratio dalam desain yang kamu buat, cukup atur dimensi nya menjadi 1:1.618.

Contohnya jika kamu mendesain layout dengan lebar 960px lalu bagi ukuran lebar tersebut dengan 1.618, maka kamu akan mendapatkan ukuran tinggi sebesar 593px. Setelah itu, bagi tata letak itu menjadi dua kolom menggunakan Golden Ratio, maka layout yang kamu buat telah menerapkan proporsi dari Golden Ratio.

Image by author

Golden Ratio dapat membantu kamu dalam menentukan ukuran font dari sebuah tulisan.

Contohnya jika kamu menulis body text dengan ukuran font 12px dan kamu ingin menentukan berapa ukuran dari header text nya, kamu tinggal mengalikan 12px dengan 1.618 dan akan mendapatkan hasil 19.416, yang berarti kamu dapat menggunakan 19px atau 20px untuk ukuran header text nya.

Golden Ratio dapat digunakan sebagai panduan untuk menentukan penempatan konten. Mata audiens secara alami akan lebih tertarik ke pusat spiral, jadi fokuskan desain kamu pada pusat spiral dan tempatkan sebuah visual yang menarik di dalam spiral tersebut.

Digital Agency Landing Page by tubik on Dribbble

Ketika kamu meng-crop suatu gambar/foto dengan menerapkan Golden Ratio, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Golden Ratio sebagai panduan untuk menentukan komposisi saat memotret foto seperti contoh berikut ini.

Image from Invision

Menggunakan Golden Ratio tidak hanya akan menciptakan keselarasan dan proporsi tetapi juga konsistensi pada suatu bentuk. Banyak logo brand yang terkenal menggunakan Golden Ratio, seperti Twitter, Apple, dan Pepsi.

Image by Mostafa Amin and Brandology on Behance

Setelah kita membaca pembahasan diatas, secara tidak sadar bahwa Golden Ratio ada dimana-mana. Menurut saya, Golden Ratio bukan suatu keharusan untuk digunakan dalam semua desain. Walaupun terlihat rapih dan enak untuk dipandang tetapi ada desain bagus yang tidak dibuat menggunakan Golden Ratio. Jadi Golden Ratio adalah cara terbaik, jika kamu bisa menggunakannya.

Jangan lupa untuk klik πŸ‘ dan share tulisan ini ke teman-teman mu.

Build stuff and giving insight β€” wildanhidayatullah.me

Build stuff and giving insight β€” wildanhidayatullah.me