Kesalahan Dalam Typography

Yang harus dihindari dalam membuat desain

pakah kamu tau istilah typography? sering denger kata typo? walaupun kalimatnya mirip, bukan berarti typo dan typography itu sama ya. Typo adalah kesalahan penulisan, biasanya terjadi ketika kita mengirim pesan kepada orang lain, sedangkan Typography atau dalam bahasa indonesia-nya Tipografi adalah salah satu teknik dalam desain untuk memilih dan menata huruf pada ruang yang tersedia, agar bisa mengkomunikasikan pesan tertentu dan memberikan kenyamanan semaksimal mungkin kepada pembaca.

Kali ini saya akan membahas beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam typography, karena dari contoh kesalahan tersebut kita dapat mempelajari bagaimana mendesain tipografi yang baik.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Menggunakan huruf kapital semua

Dalam suatu artikel, mungkin ada beberapa kalimat yang lebih penting dibanding kalimat yang lain, tetapi jangan coba-coba untuk jangan menulis semua kalimat tersebut menggunakan huruf kapital ya sobat.

Terlalu menekankan kalimat

Jika kamu memakai terlalu banyak huruf italic, boldface, underline, tanda kutip, atau hiasan tulisan lainnya, desainmu jadi kurang nyaman dilihat dan para pembaca. Untuk itu, gunakanlah hiasan/penekanan pada tulisanmu se-efektif mungkin.

Memakai banyak font

Salah satu kesalahan yang paling mengganggu yaitu mencampur typeface dan font yang berbeda untuk sebuah desain. Hal tersebut dapat mengganggu fokus dari pembaca dan juga membuat desain kamu terlihat tidak konsisten. Pakailah 1 jenis font yang menurut kamu unik pada seluruh desain kamu.

Teks rata tengah (center)

Ketika pembaca memindai tulisan kamu, kamu ingin memiliki tampilan yang merata untuk setiap paragraf, tetapi juga harus konsisten di seluruh desain. Pada umumnya suatu teks ditulis menggunakan rata kiri, kecuali untuk judul dari teks bisa menggunakan rata tengah.

Tidak ada jarak antar baris

Walaupun kamu tidak ingin memiliki terlalu banyak ruang antar baris, tetapi kamu juga perlu jarak yang cukup untuk membuat tulisan mudah dibaca. Jangan sampai membuat tulisan kamu terlihat terlalu crowded (sesak) karena tidak diberi jarak.

Ada kesalahan yang saya lewatkan? silakan beri tahu di komentar yaa!

Jika menurut kamu tulisan ini bermanfaat, jangan lupa klik πŸ‘ dan share ke teman-temanmu.

Build stuff and giving insight β€” wildanhidayatullah.me

Build stuff and giving insight β€” wildanhidayatullah.me