Memahami Hierarki Visual

Cara memandu audiens menuju item/objek yang menjadi titik fokus

Ilustrasi dari hierarki visual

Hierarki Visual merupakan aspek yang sebenarnya cukup sederhana, namun berdampak besar dalam pembuatan desain.

Sebelum kita lanjut, apa itu Hierarki Visual?

Menurut KBBI, hierarki itu sendiri adalah urutan tingkatan atau jenjang jabatan; atau organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang paling penting.

Begitupun dalam hal desain, hierarki visual dapat memandu audiens menuju item/objek yang dianggap paling penting atau menjadi titik fokus sehingga memudahkan audiens/pembaca untuk memahami informasi yang disajikan.

Untuk lebih memahami tentang hierarki visual, yuk kita lihat contoh berikut.

No Hierarchy

Ini adalah contoh penulisan dalam poster tanpa penggunaan prinsip hierarki. Bagaimana? Pasti kalian bingung harus membaca dari bagian yang mana dulu, ini dikarenakan semua ukuran tulisan nya sama.

Tidak adanya titik fokus atau penekanan pada tulisan dapat menyebabkan audiens kebingungan dalam memahami tulisan mana yang harus dibaca pertama kali dan mana yang harus dibaca selanjutnya.

Improved Hierarchy

Ini adalah contoh yang sudah menggunakan prinsip hierarki dalam tulisannya. Bagaimana? pasti sudah lebih enak untuk dilihat kan. Audiens pun akan lebih mudah mengerti apa yang harus dilihat pertama kali dan dibaca berikutnya, seperti dimulai dari judul dan pelaksanaan workshop, lalu lanjut ke pembicara, hingga seterusnya ke narahubung.

Better Hierarchy!

Kalau contoh yang ini tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya membantu audiens dalam memahami informasi, tetapi juga menjadikan desain lebih terlihat bagus dan menarik. Orang-orang akan tertarik untuk melihat desain tersebut.

Kenapa tulisan pendaftaran dan narahubung saya buat menjadi di sebelah kanan dan tidak lanjut kebawah? itu tidak masalah, karena pada umumnya audiens akan membaca dari arah kiri ke kanan, seperti arah panah berikut.

Tetapi untuk arah ini kita sesuaikan lagi dengan audiens nya, misalnya jika audiens yang kita tuju adalah orang Arab maka arah penulisan nya kita ubah menjadi dari kanan ke kiri.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari contoh diatas yaitu berikan penegasan/fokus pada objek yang ingin kita tampakkan paling awal dengan memperbesar ukuran, memberikan warna yang contrast atau penegasan pada objek, juga dapat dibantu dengan memberikan shape seperti kotak, lingkaran, atau bentuk yang lainnya.

Silakan untuk berkreasi dengan penataan hierarki yang berbeda karena penataan hierarki yang berbeda dapat menghasilkan pesan/makna yang berbeda juga. Selamat mendesain!

Build stuff and giving insight — wildanhidayatullah.me

Build stuff and giving insight — wildanhidayatullah.me