Mendesain User Interface (UI) yang Clean

Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mendesan tampilan yang bersih

Desain User Interface (UI) yang clean itu menghilangkan segala distraksi agar user atau audiens bisa fokus pada konten, maksud utama, dan action yang paling penting. Desain yang clean biasanya rapih atau tidak berantakan, simple/sederhana, dan banyak menerapkan white space (ruang kosong).

Untuk membuat tampilan desain yang clean, ada aspek-aspek yang bisa kamu terapkan. Pada kali ini saya akan share beberapa tips atau cara yang menurut saya bisa kamu terapkan agar tampilan desain yang kamu buat terlihat lebih clean atau bersih. Yuk mari kita simak!

Gunakan font yang simple

Illustration by author

Gunakan jenis font yang simple dalam desain kamu. Tulisanmu harus bisa dibaca dengan mudah oleh user. Jangan sampai font yang kamu pilih terlalu bergaya malah menjadi titik fokus utama dari audiens.

Tiga jenis font diatas hanyalah contoh, kamu bisa mencari banyak sekali jenis font simple lainnya di internet.

Menerapkan white space

Illustration by author

Desainmu sama layaknya denganmu, dia juga butuh ruang untuk bernapas. Kurangnya ruang kosong pada desain bisa berakibat hilangnya kesan clean pada tampilan yang kamu buat dan juga akan sedikit kurang enak dilihat karena jarak antara konten nya terlalu berdekatan.

Menerapkan white space itu cukup mudah, kamu tinggal perlu memberikan jarak atau ruang diantara objek-objek nya.

Jangan terlalu banyak warna

Illustration by author

Cara termudah untuk melakukan ini yaitu mulailah mendesain wireframe dengan warna monokromatik, lalu aplikasikan warna hanya ketika diperlukan, jangan terlalu banyak. Warna yang terlalu banyak akan menghilangkan kesan minimalis pada desain yang kamu buat.

Pilih warna background yang soft

Illustration by author

Hindari penggunaan warna background yang terlalu menonjol. Kita bisa lihat contoh diatas, saat kamu melihat desain sebelah kiri pasti kamu akan langsung fokus ke background dibanding konten nya, sedangkan saat melihat ke desain sebelah kanan kita lebih bisa fokus ke konten dibanding background dan tentunya lebih nyaman saat dilihat.

Jadi, gunakan warna terang yang tidak mengganggu dan juga tidak menjadi fokus utama user.

Konten yang minimalis

Illustration by author

Taruh apa yang memang diperlukan, jangan menambahkan sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Tetap pertahankan fungsionalitas utama dari bagian tampilan yang kamu buat.

Mungkin itu saja beberapa tips atau cara yang bisa saya share untuk membuat desain UI yang terlihat clean, mungkin setiap orang memiliki cara nya masing-masing dalam membuat tampilan yang clean tetapi tujuannya tetap sama yaitu menghilangkan segala distraksi agar user bisa fokus ke konten yang ditampilkan.

Build stuff and giving insight — wildanhidayatullah.me

Build stuff and giving insight — wildanhidayatullah.me